Thursday, January 5, 2017

Pengenalan Unit Garmin GPSMAP 64s

Hallo Sobat GPS

Selamat pagi/siang/sore/malem bagi yang teman-teman yang sedang membaca artikel ini. Bagi yang belum tau mengenai salah satu produk garmin yang menurut saya paling canggih ini, saya akan mereview sedikit mengenai produk garmin gpsmap 64s. Bagi yang sudah tau, semoga informasi ini dapat menambah keingin tahuan teman-teman ya.

Ok, kita mulai aja ya..

Gambar 1. Deskripsi Unit
Pertama-tama saya mulai dari tampilan unit. GPSMAP 64s ini memiliki antena di atasnya. Untuk jaringan satelit unit ini menggunakan 2 satelit, yaitu : GPS dan GLONASS. Keunggulannya, walaupun berada didalam ruangan terkadang sinyal satelit tidak hilang. Untuk penangkapan sinyal satelitnya juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, lebih cepat dibandingkan dengan serie sebelumnya GPSMAP 62s. Untuk layarnya, GPSMAP 64s ini memiliki ukuran 2,6" dan walaupun layarnya terkena pantulan sinar matahari anda masih tetap dapat melihat tampilannya. Selanjutnya dibagian tombol-tombolnya memiliki fungsi yang tidak berbeda dengan series-series pendahulunya 62s, 62sc, dan 60csx. Tombol zoom in untuk memperbesar pada tampilan peta, tombol zoom out berfungsi sebaliknya. Tombol find berguna untuk menemukan lokasi yang berada disekitar kita, seperti rumah sakit, restaurant, alamat, dll. Mark position berguna untuk menandakan lokasi dimana kita berada. Setelah memberikan tanda kita dapat menyimpan dengan nama file yang di inginkan. Tombol quit / back berguna untuk kembali ke menu sebelumnya. Tombol Enter, untuk masuk / melihat menu atau tampilan yang dipilih. Tombol Menu berfungsi untuk masuk ke tampilan menu unit, seperti untuk mensetting gps, waypoint manager, route planner, dll. Untuk tombol page, berguna untuk melihat tampilan-tampilan halaman pada unit. Biasanya disini terdapat tampilan peta, kompas, tampilan utama, dll. Pada bagian tombol power di sisi kanan, berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan unit, serta mengatur tingkat kecerahan pada layar. Setelah tampilan depan unit, kita pindah ke bagian belakang unitnya. Dari bagian atas ada cover untuk USB cable dan external antenna tambahan, kita pindah kebawah sedikit ada Battery Cover sebagai penutup battery, dan di bawah tempat battery nya ada slot untuk memory micro SD card. Cover Battery tersebut juga berfungsi sebagai dudukan untuk carabineer clip. Bagian bawah battery ada pengunci cover batterynya, untuk membukanya cukup di putar ke arah kanan, dan untuk menguncinya ke arah kiri. Jangan dipaksa jika pengunci tidak mengunci, letak posisi harus sesuai dengan tempatnya.

Setelah tadi saya kenalin unitnya, saya akan infokan kelengkapan asesoris yang didapatkan. Seperti
Gambar 2. Standard Asesoris
Setelah kita buka box Garmin GPSMAP 64s, di dalam ada unit dan beberapa asesorisnya. Seperti Carabineer clip, USB Cable, Birds eye satellite imagery, dan buku manual. Carabineer Clip berfungsi sebagai gantungan dengan pengaitnya yang kuat. USB Cable, pasti teman-teman udah tau lah ya fungsinya untuk memindahkan data-data yang telah disimpan di unit GPS, untuk mengurangi storage unitnya. Buku manual, di sana terdapat banyak panduan mengenai cara pemakaian GPSMAP 64s. Garansi Birds Eye Satellite Imagery, adalah jaminan bahwa tampilan peta yang ditampilkan beresolusi tinggi.

Setelah baca-baca artikel tadi, menurut teman-teman gimana? Apa ada yang tertarik untuk menggunakan unit ini? hehehe..

Saya rasa cukup dulu untuk artikel mengenai garmin gpsmap 64s nya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang baru mulai menggunakan unit ini atau yang baru akan membelinya. Jangan lupa untuk bantu share artikel ini ke teman-teman yang lainnya. Mohon maaf apabila ada kata - kata yang kurang dimengerti atau tidak berkenan.

Semoga hari anda menyenangkan dan diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan YME.

Jika teman-teman ada review sendiri yang belum kami jelaskan di sini, bisa di bantu di kolom komentar ya.

Terima kasih, Sampai jumpa diartikel kita yang berikutnya.

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat untuk petunjuk unitnya.

    ReplyDelete
  2. Saya mau menanyakan kenapa dengan gps map64s tiba" hilang sinyal satelit.. Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete